Di hampir semua belahan dunia terus membahas dan mengkaji tentang ketogenik. Sepertinya orang mengira ini ilmu baru, padahal manusia jaman dulu telah menjalankan pola ini selama ribuan tahun! Dan bagi manusia modern seperti kita mulai merasakan bahwa cara ini efektif dalam mencapai tujuan kesehatan dan kelangsungan hidup kita.

Apa keuntungan dari diet ketogenik?
Diet ketogenik, pada dasarnya adalah konsumsi rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Tujuan sederhananya adalah mengganti metabolisme tubuh jauh dari pembakaran gula dan karbohidrat sebagai bahan bakar untuk secara penuh menggunakan lemak dalam bentuk keton yang diproduksi di hati. Ketika tubuh menggunakan keton sebagai sumber bahan bakar, maka kita sudah dalam kondisi ketosis, dan itu yang menjadi tujuan dari diet ketogenik.

Jelas pola makan yang diajarkan oleh sekolah selama ini akan menghalangi kita untuk mencapai kondisi ketosis. Coba pelajari ilmu 4 sehat 5 sempurna, pola makan gizi seimbang, yang semua menetapkan sumber energi itu hanya ada dari karbohidrat. Sekitar 4 bulan yang lalu saya konsultasi dengan ahli nutrisi di puskesmas. Saya bilang sudah tidak makan nasi lagi, eh saya malah diceramahin dan mengatakan bapak boleh tidak makan nasi, tapi bapak harus makan roti, kentang, atau singkong. hehehehe….
Cara Cepat Diet Keto
Cara Cepat Diet Keto

Dan lihat juga sekeliling kita, nasi uduk, bubur, lontong sayur, roti, donat, tersebar dimana-mana, dan lemak-lemak sehat dijauhi, akibatnya tubuh kita tidak lagi punya kemampuan untuk menggunakan lemak. Padahal jika kita tahu, apabila kita menggunakan lemak sebagai bahan bakar tubuh kita, banyak hal-hal baik yang kita akan rasakan lho….

Kini di banyak group di whatsapp, facebook, dan telegram, banyak orang yang berminat mencoba pola diet ketogenik ini, dan secara mendasar kita harus mengatahui dasar dari metabolisme tubuh, lalu mulai mengkonsumsi lemak sehat, lalu menghindari berbagai jenis konsumsi gula dan karbohidrat. Pada prinsipnya, jika Anda hanya makan lemak, tapi masih konsumsi gula dan karbo, maka ketosis juga tidak bisa tercapai.

Karena konsumsi lemak berlebih, dan masih ada gula dan karbo tinggi akan membuat tubuh Anda dalam kondisi yang jauh lebih berbahaya! #catat

Selamat datang kembali di meja makan kita : daging sapi, daging ayam, ikan, telur, dan tinggalkan nasi, gula pasir dari dapur Anda.

Diagram Ketogenic Diet
Diagram Ketogenic Diet

Dan dalam beberapa pengalaman, kondisi ketosis ini akan lebih cepat dan sehat jika Anda menambahkan konsumsi minyak kelapa atau MCT untuk sebagai konsumsi harian, itulah kenapa ada group facebook yang judulnya Coconut Ketogenic Indonesia 😀

Oh ya… kembali ke topik, 5 manfaat yang bisa didapatkan dengan ketogenic ini adalah :
  1. Diet ketogenik dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
    Sudah nonton video yang di share di group Coconut Ketogenic Indonesia? Ya, pentingnya mengenali hormon insulin. Pola makan karbo dan gula mengakibatnya insulin kita bekerja sangat keras, dan akibatnya sensitivitas insulin menurun.

    Hal ini dapat dibuktikan dengan munculnya diabetes tipe 2, penyakit arteri koroner, dan bahkan penyakit Alzheimer. Dalam kondisi ketosis, lonjakan gula darah akan terkendali, dan perlahan pankreas akan bekerja lebih efisien dalam memproduksi insulin.

  2. Keto mengurangi peradangan, salah satu penyebab kematian terbesar.
    Pola diet ketogenik dapat secara dramatis mengurangi peradangan. Peradangan adalah suatu mekanisme dasar yang mendasari semua kondisi degeneratif yang kronis.

    WHO mengakui kondisi degeneratif kronis, seperti penyakit Alzheimer, penyakit arteri koroner, diabetes, dan kanker, sebagai penyebab kematian no 1 di dunia. Pola keto yang menjaga kekentalan darah terjaga dengan baik merupakan dasar pemikiran untuk dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit neurodegeneratif.

  3. Optimalisasi metabolisme sel otak.
    Secara umum otak kita telah menggunakan sedikit keton sebagai sumber energi. Sehingga diet ketogenic ini pada awalnya diberikan pada pasien autis. Pergeseran metabolisme sel otak dari gula menjadi keton terus dikembangkan juga untuk terapi mencegah kondisi neurodegenerative seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson.

    Tapi penelitian terus mengembangkan bahwa ini bisa digunakan tidak hanya terapi. Otak manusia berbeda dengan organ lain, otak bekerja penuh 24 jam, termasuk ketika kita tidur.

  4. Diet ketogenik dapat mengurangi radikal bebas.
    Diet ketogenik membantu penurunan dramatis produksi radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan dari produksi energi oleh mitokondria, yang merupakan pusat kekuatan energi dalam sel kita.

    Perlu diketahui ketika mitokondria membakar gula, jumlah radikal bebas yang dihasilkan secara signifikan lebih besar dibandingkan dengan ketika mitokondria membakar keton untuk bahan bakar. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak protein, lemak, dan bahkan DNA kita.

  5. Bila dibandingkan dengan diet rendah lemak, keto menurunkan berat badan lebih cepat.
    Beberapa bukti atau disebutnya living proof dari pola diet ketogenik jauh lebih baik dari metode rendah lemak terutama dalam mengendalikan rasa lapar, mengatur nafsu makan, dan akhirnya mudah untuk mendapatkan berat badan ideal.

    Berat badan adalah adalah faktor paling sederhana yang berkaitan dengan kesehatan. Kalau ke dokter pasti di tanya berat badan berapa, tinggi badan berapa. Kelebihan berat badan atau obesitas sangat terkait dengan peningkatan risiko untuk banyak masalah yang berhubungan dengan kesehatan.

Jika Anda ingin serius menjalani diet keto ini, pastikan Anda siap.
Niat 100% dan menyadari kesehatan Anda adalah penting bagi hidup Anda. Miliki mentor, dan sahabat yang selalu support dan mendukung program keto Anda.
Hafe Fun!
Tulisan dari Saudara annasahmad di Facebook seorang “coconut lover”
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s